Blog

  • Fotografi Aerial

    Fotografi Aerial

     

    Seperti namanya, aerial photography yang berarti mengambi foto dari udara memakai pesawat, helikopter, sampai drone. Walaupun terlihat mudah, fotografi udara sebenarnya mempunyai banyak hal penting yang kerap luput dari perhatian, seperti melihat elemen lanskap di lapangan serta bongkahan - bongkahan bukit serta gunung dengan signifikansi yang berbeda di tanah dan udara. Tidak hanya asal jepret, fotografi udara pula mempunyai cara serta jenis yang berbeda sesuai dengan penerapannya di berbagai bidang.

     

    Beberapa tahun belakangan ini, jasa foto udara ataupun yang biasa disebut Fotografi Aerial menjadi tren tersendiri dalam fotografi. Banyak yang tak tahu bahwa aerial photography telah pernah dipakai puluhan tahun yang lalu untuk kepentingan militer ataupun perang. Tak seperti sekarang yang memakai teknologi drone, zaman dahulu menggunakan burung merpati serta layang - layang untuk dapat mengambil foto dari udara secara sembunyi - sembunyi.

     

    Kenali Apa Itu Aerial Photography

     

    Yang dinamakan dengan fotografi udara atau Aerial Photography merupakan cara pengambilan gambar yang dilakukan lewat udara. Objek gambar yang diambil ini umumnya dipakai untuk berbagai kebutuhan. Seperti penelitian ataupun hanya sebatas artistik fotografi.

     

    Aerial Photography umumnya memakai media pesawat, helikopter, drone atau yang umumnya disebut dengan pesawat tanpa awak. Seseorang mengambil gambar dari udara pada umumnya ingin memberikan efek dramatis ataupun sedikit lebih spektakuler pada gambar maupun video.

     

    Jenis fotografi udara atau aerial photography

     

    Secara teknis, terdapat dua jenis fotografi udara. Jenis ini mengacu pada bentuk maupun hasil foto, berikut daftarnya:

     

    1. Tipe obligue

     

    Fotografi udara tipe obligue yaitu foto yang diambil dari udara dengan kemiringan 45° dan kerap dipakai para arkeolog untuk mempelajari struktur arkeologi tanah secara menyeluruh. Pengambilannya dilakukan secara manual dalam bentuk foto ataupun video yang memperlihatkan lanskap terbalik. Teknik ini sangat membantu para arkeolog untuk mengamati topografi wilayah sebab diambil dari ketinggian yang rendah daripada biasanya.

     

    2. Tipe vertikal

     

    Tipe yang satu ini merupakan jenis fotografi udara paling populer di dunia. Salah satu cara mengenali tipe vertikal yaitu hasil fotonya yang selalu tegak lurus. Keunggulan dari tipe ini yaitu perspektif yang dihasilkan tidak mendistorsi gambar serta banyak dipakai untuk mengambil foto suatu objek yang luas, taman ataupun perkotaan contohnya.

     

     

    Manfaat Aerial Photography

     

    Dibawah ini beberapa kegunaan aerial photography yang tidak diketahui banyak orang.

     

    Militer

     

    Zaman dahulu jasa foto udara banyak dibutuhkan untuk kepentingan militer serta perang. Manfaat penggunaan aerial photography pada perang dulu yaitu untuk memantau wilayah serangan tanpa perlu ada yang dikorbankan.

     

    Seni

     

    Jasa video udara umumnya dipakai untuk menemukan tempat - tempat indah, unik serta menarik yang tidak dapat dijangkau dengan langkah. Atau ingin mengambil video semua daerah dengan satu kali sudut pandang. Foto dengan keindahan paripurna seperti ini biasa diperoleh dengan cara yang kreatif. Salah satunya dengan memakai pesawat tanpa awak atau biasa disebut drone.

     

    Melihat Iklim Dan Lingkungan

     

    Manfaat aerial photography berikutnya yaitu untuk melihat iklim pada lingkungan tertentu. Contohnya saja iklim sebuah danau ataupun perairan pada kurun waktu tertentu. Selama pengamatan dari udara akan diketahui beragam fakta. Seperti jumlah air yang bertambah maupun berkurang dan ekosistem apa saja yang sudah mengalami perubahan. Dengan data ini dapat diambil beberapa keputusan untuk merehabilitasi lingkungan dan lain sebagainya.

     

    Lahan

     

    Untuk anda yang berbisnis real estate jelas memerlukan jasa foto udara. Kenapa? Sebab dengan aerial photography, anda dapat mengetahui daerah mana saja yang potensial untuk mengembangkan bisnis. Bahkan anda pula dapat menentukan jenis bangunan yang sesuai dengan kondisi tanah.

     

    Arkeologi

     

    Para arkeolog umumnya memakai jasa sewa drone untuk menemukan situs - situs sejarah yang masih tersebunyi. Dengan memakai drone, para arkeolog dapat melihat daerah ataupun dataran - dataran yang hanya dapat dilihat dari ketinggian tertentu.

     

    Apakah Anda berkepentingan dengan 5 hal di atas dan membutuhkannya? Jika iya, Exindo Pratama akan membantu mempermudah pekerjaan anda dengan jasa Fotografi Aerial. Temukan aneka penawaran pembuatan foto ataupun video aerial menarik dengan menghubungi kontak kami sekarang juga.

     

     

WhatsApp