Blog

  • Stand Pameran Outdoor

    Stand Pameran Outdoor

    Stand Pameran Outdoor

    Pameran diperlukan guna mensukseskan upaya marketing atau promosi maupun upaya peluncuran produk untuk mengenalkan suatu produk yang baru dan lain sebagainya. Untuk itu sebagai salah satu sarana dan prasarananya adalah stand paneran outdoor.

    Apa itu Stand Pameran Outdoor

    Stand pameran adalah suatu booth atau panggung khusus yang didesain secara khusus untuk menempatkan segala informasi mengenai suatu produk yang hendak ditampilkan pada suatu ajang pameran. Stand Pameran Outdoor tentunya berbeda dengan stand pameran indoor. Pada Stand Pameran Outdoor maka stand nya harus cukup kuat dan tahan cuaca serta dilengkapi dengan atap pelindung cuaca yakni seperti dari terik sinar matahari maupun guyuran air hujan yang bisa tiba-tiba saja menerpa pada saat acara pameran berlangsung. Atap pelindung tersebut bisa berupa payung atau tenda atau atap berbahan lainnya, yang penting bisa menjadi pelindung dari berbagai cuaca luar secara outdoor atau di luar ruangan.

     

     

    Hal yang Perlu diperhatikan pada Saat Pemesanan Stand Pameran Outdoor

    Pemesanan stand pameran outdoor perlu pertimbangan yang cermat agar stand atau booth tersebut sukses menarik perhatian para pengunjung pameran dengan demikian maka pesan yang ingin disampaikan melalui pembuatan stand pameran outdoor tersebut bisa tersampaikan dengan baik seluas-luasnya kepada khalayak ramai. Untuk itu maka berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

     

    Luas Stand

    Pada saat mengadakan suatu pameran maka biasanya akan mendapat jatah luas tertentu sesuai dengan perjanjian sewa lahan pamerannya. Lalu yang perlu dipikirkan adalah apakah seluruh luas lahan tersebut akan diisi dengan stand nya secara keseluruhan atau disisakan sedikit lahan untuk tempat pengunjung yang akan masuk ke stand berdiri mengantri dan lain sebagainya. Pada intinya ialah pikirkan dengan cermat mengenai rencana luas stand pamerannya tersebut, baru lakukan pemesanan. Pilihannya ialah mau digunakan seluruhnya luas lahan diisi dengan bangunan stand atau disisakan sedikit lahan.

     

    Bentuk Stand

    Hal lainnya lagi yang perlu diperhatikan adalah mengenai bentuk stand nya. Pilihannya cukup banyak. Bentuk yang populer adalah segi empat, baik itu empat persegi panjang maupun segi empat sama sisi dan variasinya. Bentuk ini memang memiliki keunggulan tertentu yakni mampu untuk memaksimalkan penggunaan lahan yang ada, namun jika hendak memilih bentuk lain, dengan maksud agar unik dan bisa lebih menarik perhatian maka itu bisa juga. Bentuk lain tersebut bisa berupa bentuk segitiga atau lingkaran atau mirip huruf U dan lain sebagainya. Bahkan bisa juga jika hendak dibuat dalam bentuk khas yang unik sesuai ciri-ciri produknya. Pada bentuk lingkaran juga memiliki keunggulan aTau nilai plus tersendiri, yakni mampu memusatkan perhatian para pengunjung pameran ke area tengah stand. Bentuk lingkaran ini dalam tujuan ini justru akan lebih efektif, daripada bentuk stand yang lainnya seperti bentuk segi empat sekalipun. Stand berbentuk lingkaran ini cocok dipilih untuk stand yang letaknya berada di pusat lokasi area pameran. Sedangkan jika jatah lokasinya ada di sisi bagian pinggir di sisi kanan atau kiri lokasi area pameran maka stand berbentuk segi empat mungkin akan lebih tepat. Selain bentuk lingkaran alternatif lainnya ada stand dengan bentuk mirip letter U, gunanya adalah untuk lebih memusatkan perhatian para pengunjung pameran pada tengah stand tempat pembicara atau produk dipajang. Setiap bentuk stand yang dipilih memiliki plus minusnya masing-masing. Tinggal disesuaikan dengan maksud dan tujuannya supaya lebih bisa berfungsi dengan secara maksimal, dan efektif serta efisien. Akan sangat disayangkan jika pembuatan stand pameran dengan biaya anggaran yang cukup mahal tersebut tidak dioptimalkan penggunaan dan fungsinya dengan secara semaksimal mungkin. Oleh karenanya perhatikan dan pertimbangkan dengan baik-baik tentang hal ini.

     

     

     

     

    Warna Dominan Stand

    Hal berikutnya yang juga perlu dipikirkan adalah mengenai warna dominan hasil tampilan akhir stand pamerannya. Usahakan agar pada hasil akhir warna dominan stand adalah warna khas yang menjadi ciri-ciri produk atau perusahaan. Dengan demikian maka sejak dari kejauhan keberadaan stand akan sudah bisa dikenali. Sedangkan pernak pernik dan isi stand pamerannya bisa dalam berbagai warna yang lainnya namun usahakan supaya tampilan akhir stand pameran secara keseluruhan adalah dalam warna dominan sesuai produk atau ciri khas perusahaan. Sebagai alternatif lain jika warna ciri khas produk atau perusahaan tersebut kurang menarik atau terlalu gelap, sehingga dikhawatirkan stand pameran justru akan tenggelam ditengah atau diantara berbagai stand pameran yang lainnya,    maka bisa juga dipilih alternatif warna lain yang mencolok dan lebih menarik perhatian, yakni seperti merah atau kuning atau warna cerah yang lainnya. Lalu tempatkan produknya atau replika produknya di bagian depan stand dalam ukuran yang cukuP besar yang bisa terlihat secara jelas sebagai ciri khas atau penanda uniknya.

     

    Stand Berdiri atau Dengan Tempat Duduk

    Pilihan lain lagi yang perlu dipertimbangkan adalah apakah stand pameran atau booth tersebut akan dilengkapi dengan tempat duduk atau tidak. Jika akan dilengkapi dengan tempat duduk apakah itu tempat duduk bagi para penjaga stand atau termasuk tempat duduk bagi para pengunjungnya juga. Lalu pertimbangan selanjutnya adalah jumlah tempat duduknya, yakni mau untuk satu atau dua orang atau lebih dan lain sebagainya. Juga apakah tempat duduk tersebut berupa bangku satuan atau berupa semacam sofa yang bisa diduduki oleh lebih dari satu orang dan lain sebagainya. Termasuk tak hanya pilihan model kursi atau tempat duduknya tapi juga dengan warnanya, agar serasi dengan tampilan boothnya atau tampilan stand pamerannya secara keseluruhan dan agar mampu membuat kesan lebih menarik dan nyaman untuk didatangi. Adanya kursi tersebut juga mampu untuk menunjukkan tingkat profesionalitas perusahaan atau produknya. Adanya kursi di stand pameran tersebut juga bisa menambah kenyamanan bagi para pengunjung yang hendak mendapatkan informasi dan memesan atau membeli produknya termasuk juga ketika harus menunggu atau dalam antrian.

     

    Atap Pelindung Stand

    Lalu yang membedakan antara stand pameran indoor dengan stand pameran outdoor salah satunya ialah pada adanya atap pelindung stand pameran. Hal ini diperlukan pada suatu stand pameran outdoor. Bentuk dan bahan materialnya bisa bermacam-macam. Bisa sesuai dari bahan material yang sama dengan bahan material pembuat stand pamerannya, ataupun dari bahan lain yang berbeda, termasuk juga dengan pilihan variasi warnanya. Ada yang berupa tenda ataupun payung dan lain sebagainya, yang ukurannya juga bisa bermacam-macam, yakni mau untuk menutup seluruh luas stand pamerannya atau hanya sebagian saja.

    Berbagai pilihan desain stand pameran outdoor tersebut bisa juga dikonsultasikan dan didiskusikan dengan pihak jasa pembuat stand atau booth pameran tersebut guna menghasilkan rancangan stand atau booth yang terbaik dan yang efektif serta efisien dan maksimal fungsinya.